Standart Opersional Prosedures : Prosedur yang jelas untuk membangun integritas Kinerja

Mengelola budaya kerja di BPBD Kotim dalam konteks penyusunan SOP Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan melibatkan beberapa langkah strategis. Berikut adalah beberapa hal yang telah dilakukan :

  • Kolaborasi dalam penyusunan SOP
    • Penyusunan SOP bagi Internal TRC BPBD Kotim, sebenarnya hanyalah menyusun ulang semua rangkaian kegiatan penanganan Karhutla yang pernah dilaksanakan oleh TRC. Sehingga antara sesama personil TRC
  • Penekanan pada Nilai-Nilai Kerja Tim
    • Menanamkan nilai-nilai seperti kerjasama, solidaritas, dan tanggung jawab dalam SOP. Misalnya, prosedur yang mengharuskan anggota tim untuk saling membantu dan berbagi informasi selama operasi.
  • Pemantauan dan Penilaian Kinerja
    • Menggunakan SOP untuk memantau dan menilai kinerja individu dan tim secara objektif, yang dapat digunakan untuk pengembangan lebih lanjut.
  • Kepemimpinan yang Inspiratif
    • Dengan SOP Pemimpin mampu memotivasi dan menginspirasi personil untuk bekerja secara optimal dan mencapai target organisasi.
  • Pengelolaan Konflik
    • Dengan adanya SOP kita memiliki mekanisme kerja untuk menghindari dan menyelesaian konflik untuk menjaga keharmonisan dalam lingkungan kerja.

SOP BPBD dalam pelaksanaan, di antaranya :

  • SOP Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pra Bencana
  • SOP Kedaruratan Bencana dan Logistik
  • SOP Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana
  • SOP Umum/Kepegawaian
  • SOP Pengelolaan Keuangan

Prinsip Pelaksanaan :

  • Kemudahan
    • SOP harus dibuat secara jelas dan sederhana sehingga mudah dipahami dan diterapkan.
  • Kejelasan
    • SOP harus dapat memberikan kejelasan kapan dan siapa yang harus melaksanakan kegiatan, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan sampai dimana tanggung jawab masing-masing pejabat/pegawai.
  • Keterukuran
    • SOP dapat memberikan pedoman yang terukur baik mengenai norma waktu, hasil kerja yang tepat dan akurat, maupun rincian biaya pelayanan dan tata cara pembayaran bila diperlukan adanya biaya pelayanan.
  • Fleksibiltas
    • Bahwa SOP harus mudah dirumuskan dan selalu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kebijakan yang berlaku.

Mungkin Anda juga menyukai