SEKILAS BPDB KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
       Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur adalah kantor Pemerintah daerah berbentuk Badan dengan dipimpin langsung sebagai pimpinan (Kepala) oleh Sekretaris daerah  secara exofficio, sedangkan pelaksanaan tugas sehari-hari dilaksanakan oleh seorang Kepala Pelaksana (Kalaksa).
       Badan ini berdiri sejak tanggal 2 Januari 2013, dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabuaten Kotawaringin Timur Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peratiran Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor 10 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun  2016  tentang Pembentukan dna Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan kegiatan kantor Badab Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur di atur dengan Peratiran Bupati Kotawaringin Timur Nomor 44 Tahun 2012 tentang rincian tugas pokok fungsi dan uraian tugas BPBD Kab. Kotim 
       Tugas utama BPBD adalah membantu Pemerintah Daerah melaksanakan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan memiliki 3 fungsi yang berbeda dengan instansi pemerintah daerah lainnya yaitu sebagai koordinator, komando dan melaksanakan tindakan kangsung  bila terjadi bencana di wilayah kerjanya. Sehingga mampu mengatur kerja sama kepada semua instansi yang berada di bawah pemerintah daerah Kab. Kotim.
       Kantor BPBD berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman km 6,8 nomor 19 Sampit telpon (0531)25250 dan Website : http://bpbd.kotimkab.go.id dimana keberadaannya di Bumi habaring Hurung sangat diharapkan, oleh karena berdasarkan kondisi alam, geografis dan iklim diseluruh wilayah Kabupaten Kotim yang rawan terhadap bencana baik geologi, hydrometeorologi, biologi, teknologi, lingkungan dan sosial yang terjadi setiap tahun terutama bencana akibat kebakaran hutan dan lahan, banjir dan abrasi, yang menyebabkan kerugian baik harta benda, jiwa dan penghidupan yang pada akhirnya akan mengganggu kehidupan masyarakat Kabupaten Kotim. 
       Dengan berdirinya BPBD Kab. Kotim yang merupakan kantor tipe B sejak awal telah melaksanakan program kegiatannya yang terbagi menjadi 3 bidang yaitu :