Kecamatan Tualan Hulu Kotim Diterjang Banjir

Sampit, InfoPublik – Banjir kembali melanda wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di Kecamatan Tualan Hulu. Banjir yang terjadi sejak Selasa (10/5/2022) itu, pada Rabu (11/5/2022) ketinggiannya mencapai sekitar 40-80 centimeter (cm) dari permukaan tanah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Rihel mengatakan, banjir di Kecamatan Tualan Hulu menggenangi Desa Tumbang Mujam, Desa Luwuk Sampun dan Desa Tanjung Jorong.

Debit air mengalami penurunan sekitar 40 cm dari yang sebelumnya mencapai setinggi 80 cm.

“Semoga hari ini dan ke depan cerah dan kondisi berangsur-angsur membaik. Sehingga tidak mengganggu aktivitas  ekonomi masyarakat. BPBD bersama Camat Tualan Hulu akan terus berkoordinasi terkait penanganan selanjutnya,” ujar Rihel, Rabu (11/5/2022) siang.

Dia memprediksikan bahwa intensitas hujan di bulan Mei hingga Juni nanti akan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, semua pihak harus siaga banjir untuk mengantisipasinya.

“Wilayah utara atau wilayah langganan banjir ini, sebaiknya dari sekarang harus sudah siaga. Ini baru satu kecamatan yang sudah banjir, tidak menutup kemungkinan banjir akan meluas lagi bilamana hujan terus turun,” ujar Rihel. (Mitra Diskominfo Kalteng/rkh/toeb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *