BASARNAS PALANGKARAYA GELAR PELATIHAN POTENSI SAR DI SAMPIT

Sampit, Beritakotanews.com : Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangkaraya menggelar Pelatihan Potensi SAR dengan tema ‘Teknik Pertolongan di Permukaan Air”   ( Water Rescue ) bagi Potensi SAR yang ada di Kalimantan Tengah. Pelatihan ini merupakan Program Kerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) yang dilaksanakan secara rutin diberbagai daerah di seluruh Indonesia.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih kompetensi dasar tentang Pertolongan Diatas Air bagi Potensi SAR yang menjadi garda terdepan dalam menjalankan operasi Pencarian dan Pertolongan.

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR dilaksanakan di rumah Jabatan Bupati Kotawaringin Timur pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 pada pukul 09.30 Wib dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur H Halikinor, SH , M.M, didampingi Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, S.Pd serta Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, hadir pula Kepada SOPD dan pimpinan organisasi yang mengikuti pelatihan.

Dalam sambutannya Bupati Kotawaringin Timur memberikan apresiasi kepada BASARNAS PALANGKARAYA dan juga memberikan semangat kepada peserta pelatihan. Peserta pelatihan supaya dapat mengikuti semua materi pelatihan untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi potensi SAR.

Pemilihan lokasi pelatihan di Kabupaten Kotawaringin Timur adalah berdasarkan intensitas kegiatan operasi Pencarian dan Pertolongan yang terjadi selama 2 (dua) tahun terakhir ini sering terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur dibanding daerah lainnya di Kalimantan Tengah.

“Kabupaten Kotawaringin Timur juga memiliki Sungai-sungai besar dan laut sehingga lebih cocok untuk mengelar pelatihan Teknik Pertolongan Diatas Air,” tutur Muhammad Hariyadi,S.Sos selaku Kepala BASARNAS Palangkaraya.

Lanjut M.Hariyadi, Pelatihan ini dilaksanakan selama 7 ( tujuh) hari yang dimulai dari tanggal 15 Maret 2022 sampai dengan 21 Maret 2022 nanti.

Peserta berjumlah 50 ( lima puluh ) orang utusan dari instansi dan organisasi diantaranya Polres Kotawaringin Timur, Kodim 1015 Sampit, BPBD Kabupaten Seruyan, BPBD Kabupaten Kotawaringin Timur, BPBD Kabupaten Kotawaringin BPBD, BPBD Kabupaten Katingan, BPBD Kabupaten Lamandau, TAGANA Dinsos Sampit, Ditpolair Polda Kalteng, KSOP Sampit, Pos Angkatan Laut Samuda, TAGANA Kota Palangkaraya, PMI Kotawaringin Timur, Kwartir Cabang Pramuka Kab.Kotim, RAPI Sampit, Senkom Mitra Polri Kabupaten Kotawaringin Timur, Rescue Tabela Pandohop Sampit, Informasi Emergency Sampit, Pengelolaan Pantai Ujung Pandaran Sampit, FK CBMR Kalteng, Emergency Respon Palangkaraya dan BPK SB 20 Kapuas.

Peserta akan diberikan materi teori di dalam kelas, dan praktek di lapangan, sesuai dengan Jadual yang telah ditentukan. Materi teori di laksanakan di kantor Kominfo Kabupaten Kotawaringin Timur Jl. Ahmad Yani Sampit dan materi praktek dilaksanakan di pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit. Kami berharap pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar aman dan terkendali, harap Muhammad Hariyadi,S.Sos. ( Abdul Muntolib-Sampit/beritakotanews.com ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *